Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Permainan Garis pada Bidang Fasade

Teknik permainan garis pada bidang fasade dapat digunakan untuk menonjolkan atau bahkan membuat artikulasi pada bangunan (rumah tinggal) sehingga ekspresi bangunan dapat lebih impresif dan estetis. Permainan garis dapat digunakan sebagai media dominasi bidang fasade ketika desain yang dibuat masih berkesan simpel dan bersih.

Namun demikian upayakan agar teknik tersebut jangan sampai berlebihan, karena dapat menimbulkan kesan (efek) monoton bahkan membosankan serta membuat cepat lelah orang yang melihat bangunan tersebut. Selain itu untuk menciptakan ekspresi bentuk fasade sebuah bangunan, perlu dilakukan juga eksplorasi detail bahan material yang digunakan.

Eksplorasi detail bahan material dapat divisualisasikan dalam bentuk bidang garis, baik vertikal maupun horisontal. Hal itu dapat dipakai untuk menonjolkan bagian fasade atau membuat artikulasi sebagai unsur estettika. Aplikasi teknik permainan garis vertikal-horisontal dapat direalisasikan dengan cara menambahkan bentuk ornamen – ornamen  (seperti kolom kecil) vertikal serta list bingkai jendela  (moulding) maupun garis horisontal minimalis pada tembok atau fasade. Permainan garis pada bidang fasade dengan motif horisontal minimalis bisa berupa tali air atau batu alam dipadu dengan list  (moulding)  serta bidang vertikal-vertikal yang dapat mempertegas karakter fasade.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


two + 9 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek