Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Elemen Beranda

Kalau kita amati beranda rumah kita pasti akan kita temui beberapa elemen ruang yang selalu muncul di area hunian ini. Yang pertama adalah kolom atau penyangga atap. Kemudian railing atau dinding rendah pembatas beranda . Selain itu masih ada lantai dan dinding.

* Kolom : merupakan  elemen struktural yang berfungsi menahan beban dari atas. Uniknya kolom juga bersifat nonstruktural. Biasanya kolom semacam ini dipakai untuk tujuan estetis atau memperindah tampilan bangunan. Dimensi kolom yang berbeda-beda hadir untuk memenuhi perbedaan beban yang diterima. Semakin besar yang diterima semakin besar bebannya semakin besar dimensi kolom begitu pula sebaliknya.

* Material kayu, umumnya dipakai di rumah tradisional jaman dulu  atau rumah masa kini bergaya etnik. Walaupun berbahan dasar kayu, kolom ini cukup kokoh. Kualitas kayu yang baik dan pengaruh waktu justru membuat material ini semakin kuat. Kolom untuk beranda bisa dibuat dari kayu solid  bisa juga dari kayu yang dalamnya ditanami batang besi. Untuk rumah bergaya tropis modern kolom yang langsing dan tidak berkesan berat lebih sesuai. Kolom kayu dengan batang besi di dalamnya merupakan pilihan yang tepat.

* Material logam: material ini bisa dipakai sebagai bahan tiang bangunan. Ekspresi yang ditampilkan material ini cenderung simpel dan tidak mencolok. Selain rumah bergaya kolonial material logam juga menjadi favorit hunian bergaya simpel modern. Kesan ringan menjadi alasan mengapa material ini cukup disukai. Agar tampilan kolom besi semakin menarik Anda bisa melapisinya dengan cat besi. Sesuaikan warnanya dengan warna bangunan secara keseluruhan.

* Material beton : material ini paling banyak dipakai sebagai tiang atau kolom. Beton memang punya keunggulan yang tidak dimiliki kayu dan besi yaitu tidak mudah terbakar dan tahan panas. Kolom beton sangat fleksibel diterapkan di berbagai gaya rumah. Yang penuh detail dengan bentuk kepala kolom sarat dekorasi amat sesuai untuk rumah klasik. Untuk beranda rumah tradisional lapisi kolom beton dengan lempengan batu alam. . Untuk rumah minimalis biarkan tiang beton tampil dengan apa adanya dan gunakan finishing seminimal mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


four + = 7

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek