Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Dekoratif dan Produktif

Dekoratif dan Produktif - Arsitektur hijau adalah konsep arsitektur yang berusaha meminimalkan pengaruh buruk terhadap lingkungan alam maupun manusia dan menghasilkan tempat hidup yang lebih baik dan lebih sehat. Hai ini dilakukan dengan cara memanfaatkan sumber energi dan sumber daya alam secara efisien dan optimal. Beberapa point pentingnya adalah pengoperasian bangunan harus meminimalkan penggunaan bahan bakar atau energi listrik , mendesain bangunan harus berdasarkan iklim yang berlaku di lokasi tapak  kita dan sumber energi yang ada, mendesain dengan mengoptimalkan kebutuhan sumber daya alamterbarukan dan penggunaan material bangunan yang tidak berbahaya bagi ekosistem dan sumber daya alam, pembangunan tidak berdampak negatif terhadap kesehatan dan kenyamanan penghuni bangunan dan hasilnya jangan sampai merusak kondisi tapak aslinta serta memperhatikan semua pengguna bangunan dan memenuhi semua kebutuhannya.

Dalam istilah arsitektur hijau, kemudian berkembang berbagai istilah penting seperti pembangunan berkelanjutan  atau sustainable development yaitu pembangunan yang dapat memenuhi kebutuhan orang-orang masa kinitanpa harus mengorbankan sumber daya alam yang harus diwariskan kepada generasi mendatang.  Penerapan arsitektur hijau yang paling mungkin dan mudah adalah pada bangunan hunian seperti rumah. Cara sederhana yaitu desain bisa memadukan ruang dalam dan ruang luar dengan keberadaan tanaman hidup yang berguna untuk menjaga kestabilan suhu udara di dalam agar tetap sejuk dan segar. Anda bisa mengkombinasikan tanamn hias dengan tanaman produktif yang mampu menghasilkan pangan  dengan istilah mananam dan berkebun atau urban farming.

Lokasi tanaman hias dan tanaman kebun bisa diterapkan di semua sudut rumah seperti rooftop, di atas permukaan tanah, dengan metode penanaman yang bervariasi bisa secara konvensional maupun secara pot, polybag, atau menyusun pot secara vertikal, vertical garden, atau secara hidroponik  atau aquaponik. Pada dasarnya konsep ini mengasah individu untuk kreatif dalam mengoptimalkan hasil panen di lahan terbatas dan dapat menghemat biaya rumah tangga. Jenis-jenis tanaman ini bisa berupa sayur-sayuran, buah-buahan, dan tanaman obat. Jadi selain kita membiasakan hidup sehat juga akan memperkuat kemandirian dan ketahanan pangan di keluarga kita sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ five = 12

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek