Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Bentuk Koridor

Koridor sebagai ruang penghubung harus fleksibel  mengikuti bentuk bangunan. karena itu, bentuknyapun bisa berbeda-beda  tergantung letak masing-masing ruang yang akan dihubungkannya. Beberapa tipe dan bentuk koridor bisa diterapkan pada rumah tinggal :

* bentuk I : koridor berbentu i memberi kesan mengarahkan dengan pasti ke ruang yang akan dituju. Bentuk seperti ini menghasilkan koridor dengan ujung sebesar lorong. ujung lorong inilah yang merupakan nilai lebih yang tidak dimiliki koridor bentuk lain. Karena itu sudah sepantasnya anda memberikan perlakuan istimewa untuk ujung lorong ini. Buat bagian itu menjadi point of interest  bisa dengan memberikan elemen dekoratif pada dindingnya. Anda bisa tambahkan perabot tertentu . Untuk koridor yang cukup besar bisa ditambahkan dengan kredensa atau meja konsol atau memberikan finishing yang berbeda.

* Bentuk L : koridor berbentuk L biasanya hadir di rumah-rumah berukuran menengah sebab cenderung menghabiskan banyak tempat. Koridor l tidak mengarahkan sirkulasi langsung ke arah tertentu. Koridor bentuk L dapat dipakai untuk mengarahkan sirkulasi ke ruang yang tidak ingin ditonjolkan misalnya ruang servis. Dapat juga digunakan sebagai jalur sirkulasi menuju ruang yang lebih privat misalnya kamar tidur.

* Bentuk U : koridor jenis ini umumny melingkari suatu ruang biasa terdapat pada void atau courtyard. Desain koridor bentuk U dapat dibuat semi terbuka. Desain koridor yang terbuka akan membuat sirkulasi ruang teras tidak panjang dan membosankan.

* Bentuk melengkung : tak ada salahnya anda membuat koridor melengkung yang lebih dinamis. Rasa dan kesan ruang sirkulasi dengan bentuk seperti ini pun akan jauh berbeda dibandingkan kesan ruang yang lurus dan kaku. Tetapi jenis koridor ini tidak seefisien koridor lurus. Selain membutuhkan ruang lebih banyak koridor jenis ini juga menghasilkan banyak sisa ruang yang kurang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 5 = nine

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek